Pesantren KMI di Sumatera Selatan

Masya Allah… Ini Kelakuan Santri di Pondok Ketika Liburan

1 69

Liburan santri KMI sudah dimulai sejak kemarin, rabu 27 desember 2017. Hampir seluruh santri pulang ke rumah masing-masing. Menyisakan kelas 6 KMI yang  memang baru beberapa hari memulai ujian Niha’i dan beberapa santri dari kelas 5 KMI yang bertugas di Pondok.

Mereka yang tidak berlibur dari kelas 5 ini memiliki amanah dan tanggung jawab. Yang santriwati setiap hari mereka mempersiapkan ruang untuk ujian kelas 6. Sedangkan yang lain baik putra maupun putri ada yang bertugas menyiapkan makan pagi, siang dan sore bagi santri kelas 6 dan mereka sendiri.

Kegiatan mereka santri kelas 5 yang mendapat amanah di pondok tidak berbeda jauh dengan hari biasa sebelum libur. Yang membedakan hanya tidak masuk kelas. That’s it.

Kelas 5 KMI yang berlibur di Pondok dan mendapatkan amanah berjumlah 30 santri. Sebenarnya jumlah mereka adalah 65 santri dan dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok mendapatkan giliran liburan di pondok selama 5 hari.

Pagi mereka bangun kemudian shalat berjama’ah, dilanjutkan membaca Al Qur’an. Selesai itu ada yang olahraga, ada yang menyiapkan ruang ujian kelas 6, ada juga yang mempersiapkan sarapan. Dari pukul 7 hingga 10 mereka mendapat amanah membersihkan dan mempercantik pondok, mumpung liburan dan santri di rumah, maka fasilitas santri di pondok diperbaiki.

Baca Juga
Santri kelas 5 sedang membersihakan pondok di hari libur santri.

Sore hari mereka olahraga, serta bersih-bersih pondok. Sedang malam harinya diberi kesempatan mendapatkan hiburan dengan menonton televisi. Meski menonton, mereka tetap terkondisikan, tidak sampai larut malam hingga melalaikan tugas dan amanah.

Shalat berjama’ah lima waktu tetap berjalan, membaca Al Qur’an setiap habis shalat tetap terlaksana, dan disiplin juga tetap terjaga.

Begitulah “kelakuan” santri kelas 5 ketika mereka liburan di Pondok. Semuanya tetap berjalan sesuai dengan disiplin, terkontrol dan terdidik. Sehingga motto liburan mereka di pondok adalah:

Kami liburan, tapi kami tetap santri

Comments
Loading...