Pesantren KMI di Sumatera Selatan

Bapak Pimpinan; Jadilah Santri Yang Sungguh-Sungguh dan Bertawakal

0 37

Senin, 8 Januari 2018 Pondok Modern Daarul Abroor 1 mengadakan pembukaan tahun pendidikan semester 2 yang adakan di lapangan depan Gedung Umar.

Acara pembukaan pendidikan semester 2 ini dihadiri oleh Bapak Pimpinan K.H. Edy Sunari serta dewan guru KMI.

Dalam sambutannya, Bapak Pimpinan PMDA K.H Edy Sunari  mengatakan bahwa segala pekerjaan harus berdasarkan niat, khususnya para santri yang akan menuntut ilmu. Setelah melakukan liburan selama 10 hari, kembali ke Pondok harus memperbaiki niatnya. Anggaplah liburan sebagai sarana untuk memperbaiki niat sebagai tekad awal. Liburan untuk Tajdidun Niyyat (memperbaharui niat).

Lebih lanjut Kyai Alumnus Gontor tahun 1972 ini menerangkan jika santri harus memilah milih hasil liburan, liburan yang mengandung hal positif diambil dan dibawa ke Pondok, tetapi liburan yang mengandung hal negative ditinggal, karena akan mengganggu fikiran santri. “Anak-anak, kalian harus memilah hasil liburan, yang baik  dibawa  dan yang jelek ditinggal, datanglah dengan sempurna, yaitu datanglah dengan lahir dan batin”  jelasnya.

Berhubungan dengan itu, Perintis PMDA ini menjelaskan Santri harus belajar dengan sungguh-sungguh, mengingat orang tua yang sedang mengharapkan keberhasilan dari anaknya. Jangan sampai mengecewakan kedua orang tua.

Selain belajar dengan sungguh-sungguh harus diiringi dengan tawakkal.

اِنَ اللهَ يُحِبُ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

“sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal”

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa jika kita menginginkan atau mencita-citakan sesuatu maka kita harus bertawakkal kepada Allah.

فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلىَ اللهِ

“jika kamu menginginkan sesuatu, maka bertawakkallah kepada Allah”

Acara ini ditutup dengan do’a oleh Bapak Pimpinan sekaligus membuka tahun pendidikan semester 2 tahun 2018. [Aprilia A]

Comments
Loading...